Selasa, 09 November 2010

Pekan Perkenalan Santri Khutbatul Arsy

   Khutbatul Arsy (Pekan Perkenalan) merupakan sunah pondok modern Arrisalah yang dilaksanakan setiap tahun menjelang tahun ajaran baru. Agenda yang digelar pada kesempatan ini antara lain, upacara apel tahunan, lomba baris – berbaris, wisata alam, serta berbagai perlombaan yang dihimpun dengan tema “Arrisalah Game”.
 

            “Kita mengadakan Khutbatul Arsy ini untuk melihat kembali niatan kita dalam belajar di pondok Modern Arrisalah ini. Dengan maksud agar guru-guru, calon santri dan santri lama tidak salah niat atau salah tujuan “, terang Bapak Pimpinan beberapa hari menjelang hari H acara ini.

            Apel Tahunan  pada tahun 2010 ini dilangsungkan di lapangan Reformasi depan gedung Meeting Hall, dimulai pada pukul 07.00, yang diikuti oleh seluruh keluarga besar Pondok Modern Arrisalah, juga dengan seluruh wali murid anshoriyin dan anshoriyat serta wali dari Taman Kanak-kanak Islam Arrisalah (TKIA).

            Dalan pidatonya pagi itu, Bapak Pimpinan menjelaskan bahwa semua penduduk pondok, guru-guru, santri, bahkan wali santri, harus satu niat, satu gerak, satu langkah, satu tujuan bagaimana kita dan Arrisalah ini diridhoi oleh Allah SWT, dan untuk itu semua harusniatannya sebersih mungkin. Belajar mengajar harus menjadi perjuangan utama, keikhlasan yang setinggi-tingginya, serta berdo’a dan prihatin.

Beliau juga menuturkan bahwa kegiatan ekstrakulikuler harus diseimbangkan. Bahasa Arab dan Inggris merupakan harga mati pondok ini. Sebab pondok ini bukan pondok yang hanya berprogram kedaerahan, bukan program nasional saja, melainkan pondok yang berprogran internasional.

Upacara apel tahunan ini dilanjutkan dengan penampilan Drumband Alfana Nada, lomba baris berbaris tiap kelas, dan dilanjutkn dengan wisata alam ke Waduk Bening Saradan seperti yang pernah dikunjungi pada tahun 2006 lalu. Pada pukul 10.00, 13 bis PO JAYA PUTIH telah berderet rapi di depan masjid Jami' Allahu Akbar sebelum pemberangkatan dan wisata ini tidak hanya di ikuti oleh santriwan dan santriwati saja melainkan semua bapak ibu guru pun ikut serta. Sedangkan untuk Taman Kanak-kanak Islam Arrisalah, wisata ala mini dilaksanakan dengan berkeliling di tiga kecamatan sambil belajar mengenal alam dan lingkungan dengan menggunakan 18 dokar.

Keesokan harinya, yaitu tanggal 18 Oktober, digelar upacara yang kedua pembukaan Arrisalah Game atau Pekan Porseni  yang dilanjutkan dengan penampilan Arrisalah Tablo klub yang mana mereka menampilkn berbagai macam contoh-contoh cabang olahraga yang ada di pondok  Modern Arrisalah ini.

Selama tiga hari, acara perlombaan berjalan dengan lancar dan diwarnai dengan berbagai jenis perlombaan. Diantaranya, tarik tambang, cerdas cermat, balap karung, bulu tangkis, dll.

Untuk hari kamisnya, 21 Oktober, semua kegiatan perlombaan ditutup dengan acara upacara penutupan Khutbatul Arsy, serta pembagian hadiah bagi para pemenang untuk semua jenis perlombaan.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda