Kamis, 17 November 2011

Perencanaan yang Matang = Kesuksesan yang Diimpikan

Prestasi gemilang yang diraih Indonesia di ajang Sea Games 2011

Pembukaan yang spektakuler, penampilan atlet-atlet yang hebat, memupus semua keraguan yang hinggap di benak seluruh rakyat negeri ini akan jalannya Sea Games 2011 di Palembang. Betapa tidak, dari hari ke hari persiapan menuju Pembukaan Sea Games di Stadion Jakabaring Sport Center, Palembang ini, hampir seluruh media Indonesia melaporkan ketidakmatangan panitia pelaksana dalam mempersiapkan sarana dan fasilitas perlombaan. Gedung yang setengah rampung, kolam renang yang belum diisi air, hingga beberapa kali penundaan uji coba tempat lomba menjadi headline news sehari-hari di berbagai media nasional. Hingga akhirnya berbagai pihak meminta Sea Games ke dua puluh enam ini agar diundur supaya tidak memalukan jati diri bangsa Indonesia.


Akhirnya semua pihak bisa bernapas lega, dengan pembukaan yang super canggih dan meriah dan disebut-sebut sebagai pembukaan paling mengagumkan sepanjang sejarah Sea Games. Bermandikan pertunjukan kembang api yang dahsyat dan perpaduan antara unsur teknologi dan budaya yang cantik, menjadikan para pengunjung terpesona hingga rela menonton acara berhujan-hujan. Kepercayaan bangsa ini menjadi terangkat kembali. Acara yang menghabiskan dana 125 miliar ini mengangkat citra baik Indonesia di kancah internasional.

Terlebih lagi, penampilan para atlet Indonesia sangat mengejutkan semua pihak. Banyak medali emas diraih dari bebagai macam cabang olahraga. Terhitung sejak tadi malam (17/11) Indonesia meraih 101 emas, 77  perak dan 73 perunggu. Indonesia kini memimpin klasemen sementara dengan perolehan medali terbanyak dengan jarak yang cukup jauh (58 medali) dari pesaingnya Thailand dengan total 251 medali. (lihat grafis). Indonesia diprediksi bisa menjadi juara umum Sea Games kali ini.
Prestasi moncer yang diraih Indonesia tidaklah datang dengan tiba-tiba. Semuanya dilakukan dengan sangat matang. Ada salah satu cabang olahraga yang melakukan 20 bulan persiapan untuk menghadapi lomba antar negara se-Asia Tenggara ini. Ini menunjukkan persiapan yang dikelola secara professional dan terencana dengan baik akan menghasilkan kesuksesan. Dan ini perlu ditiru oleh siapa saja dalam hal apa saja, belajar, berorganisasi, menghadapi ujian atau lomba dan sebagainya. Semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita dalam mengerjakan sesuatu.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentar Anda