Jumat, 22 Januari 2010

UJIAN TULIS AKHIR TAHUN 2010

“Teng!.... teng!.... teng!” suara lonceng dipukul penanda mulainya ujian tulis awal tahun di Pondok Modern ar-Risalah. Seluruh siswa-siswi dari tingkat MI hingga MA yang mengikuti upacara ujian tulis akhir tahun di lapangan Reformasi segera membubarkan diri menju tempat ujiannya masing-masing. Upacara sendiri dipimpin langsung oleh Bapak Pimpinan P.M. ar-Risalah K.H. Drs. Muhammad Ma'shum Yusuf. Beliau menekankan bahwa esensi diadakannya ujian ini adalah agar para santri lebih giat lagi dalam belajar mereka.



Tidak terasa ujian lisan yang diadakan selama enam hari telah usai. Kini siswa-siswi Pondok Modern ar-Risalah sudah mengahadapi ujian gelombang kedua, yaitu ujian tulis yang dilaksanakan pagi Ahad  17/1) sampai akhir bulan nanti (26/1).

Bisa dikatakan ujian lisan minggu lalu merupakan pemanasan (warming up) bagi ujian yang sebenarnya, yaitu ujian tulis. Hal ini bisa dilihat dari lamanya masa ujian hingga sembilan hari dengan puluhan mata pelajaran ynag diujikan. Berbeda dengan ujian lisan yang setiap siswa hanya mendapat “jatah” ujian selama 3 hari dengan satu mata pelajaran setiap harinya.


Selain itu, jika ujian lisan diadakan di kelas-kelas, maka ujian tulis ini dipusatkan di satu tempat saja. Yaitu di Aula Duta Indonesia bagi seluruh siswa KMI putra, dan gedung Progressive Meeting Hall untuk siswa KMI putri. Sedangkan bagi siswa-siswi MI yang biasanya ujian diadakan di Aula 17 Agustus kini di Masjid Jami' Allahu Akbar.
Seluruh meja dan kursi di kelas telah dipindahkan ke gedung-gedungnya sendirir pada Jum’at pagi. Dan pada Sabtu pagi kemarin diadakan pertemuan bagi seluruh pengajar putra-putri di gedung Progressive Meeting Hall yang dipimpin langsung oleh Bapak Pimpinan. Pertemuan ini membahas teknis-teknis bagaimana mengawal jalannya ujian tulis agar berjalan lancar dan sempurna. (AB)








0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda