Kamis, 10 November 2011

Semarak Lomba Idul Adha Di Pondok Modern Ar-Risalah


Dalam rangka menyambut dan memeriahkan datangnya hari raya idul adha 1432 H, pengurus putra-putri Pesantren Tepat Teknologi Islam (PTTI) Pondok Modern Ar-Risalah Program Internasional mengadakan berbagai macam kegiatan dan perlombaan.  Lomba ini sendiri diadakan secara sendiri-sendiri, baik putra maupun putri. Kami laporkan rinciannya.


Ar-Risalah Putra
Adapun pengurus PTTI putra menggelar lomba Volk Song dan Nasyid di Aula Progressive Meeting Hall. Selain itu, diadakan lomba menghias rayon yang dimulai sejak tanggal 4 November lalu. Acara ini melibatkan seluruh elemen santri baik santri Mukim atau Anshor. Kegiatan lomba Volk Song sendiri diadakan mulai ba’da Ashar hingga jam 5 sore, kemudian dilanjutkan ba’da Isya’ hingga jam 9 malam.

Penilaian lomba Volk Song dan Nasyid didasarkan 5 kriteria, Kekompakan, Suara, Musik, Kostum, dan Mimik. Adapun untuk lomba menghias rayon dan kamar pengurus penilaian didasarkan pada 3 aspek, Kekompakan, Hiasan/Kerapian, dan Kebersihan. Pengumuman pemenang lomba menghias rayon tersebut disatukan dengan pengumuman pemenang lomba Volk Song dan Nasyid.

Dengan juri Ustadz Yudhi, Ustadz Novian, Ustadz Agus, dan Ustadz Sofi, pemenang lomba akhirnya jatuh pada rayon Pusaka II untuk juara Volk Song, rayon Pusaka II untuk juara I Nasyid, rayon Pusaka I untuk kamar pengurus dan rayon terbaik. Adapun juara umum untuk lomba Idul Adha kali ini jatuh pada rayon Pusaka I.
               

Ar-Risalah Putri
Sempat tertinggal dalam pelaksaan kegiatan perlombaan dalam minggu-minggu sebelumnya, pengurus PTTI putri Ar-Risalah Tidak mau  kalah dengan pengurus putra, mereka menggelar acara yang tak kalah meriah dan bermacam-macam banyaknya secara maraton. Selain lomba cerdas cermat, memasak, tata rias, membuat parcel, klipping, cerpen dan lainnya yang dilombakan pada minggu sebelumnya, mereka juga membuka bazar yang bertempat di depan kantin putri di rayon Aisyah dari hari kamis sampai malam senin (7 November 2011).

                Sehari sebelum Idul Adha, seluruh santriwati Ar-Risalah putri disibukkan dengan berbagai kegiatan dan aktifitas yang padat meskipun sedang menjalankan puasa sunah Arafah. Sebagian dari mereka mempersiapkan lomba dan latihan penampilan untuk acara “Tamtsilu-l masrah”, sebagian lain membersihkan dan menghias rayon masing-masing sebagaimana yang diperintahkan pengurus untuk menghias rayon dan kamar masing-masing dengan sebaik dan sebagus mungkin.

                Setelah shalat idul adha dan dilanjutkan dengan tasyakuran bersama bapak pimpinan, bapak dan ibu guru serta masyarakat sekitar yang dilaksanakan di gedung Aula Duta Indonesia, seluruh santriwati berkumpul di gedung pertemuan Progresif Meeting Hall untuk mengikuti acara tamtsilu-l masrah. Dalam acara ini, setiap rayon diharuskan menampilkan 2 penampilan, penampilan wajib yaitu drama dalam bahasa Arab dan Inggris dan penampilan bebas yang tidak ditentukan oleh panitia, diantaranya; tari padang pasir, dance, volk song, puisi, dll.


                Selain itu, dalam acara ini tiap kegiatan ektrakulikuler diminta menampilkan sebuah penampilan, semisal hadroh, madding besar oleh bagian APG (Ar-Risalah Painters Group), dan drama oleh bagian TRISA (Teater Islam Arrisalah).
                Acara ini ditutup dengan penampilan akhir dari siswi  kelas akhir KMI dan dilanjutkan dengan pembacaan pemenang serta pembagian hadiah. Pemenang lomba drama bahasa Inggris diraih oleh rayon Nusantara 1, dan drama bahasa Arab diraih oleh rayon Reformasi. Berikut macam-macam perlombaan dan pemenangnya.
No
Perlombaan
Pemenang
1.
Drama (Inggris)
Rayon Nusantara 1
2.
Drama (Arab)
Rayon Reformasi
3.
Klipping
Kelas 4 B
4.
Making Parcel                                               
Rayon Nusantara 2
5.
Memasak
Rayon Fatimah
6.
Table Manner
Rayon Nusantara 2
7.
Creating Card
Rayon Reformasi
8.
Cleanness Hostel
Rayon Fatimah
9.
Membuat Cerpen
Kelas 3 Intensif
10.
Senam
Kelas 5
11.
Designer and Make Up
Rayon Nusantara 2
12.
Listening
Annisa Nurul Fitri Hole (santriwati kelas 3 B)
13.
Madding
Rayon Reformasi
14.
Cerdas Cermat
Rayon Anshoriyat
15.
JUARA UMUM
RAYON REFORMASI


0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda